[google7107d1382e918570.html]

Halaman

Ukuran Hak Sepatu Wanita

Beragam model sepatu wanita dengan tinggi heels yang berbeda

Berapa Tinggi Heels yang Ideal ?


High Heels atau sepatu hak tinggi memang membuat penampilan wanita menjadi lebih menarik, tetapi di sisi yang lain juga akan terasa menyakitkan kaki. Itulah sebabnya parra pakar kesehatan sering menyarankan untuk memakai sepatu dengan hak yang tidak terlalu tinggi. Sebaiknya juga tidak menggunakan sepatu yang terlalu datar. Kedua ukuran hak yang ekstrim tinggi maupun ekstrim rendah tersebut dapat menyebabkan bagian tumit kerap nyeri dan menganggu aktivitas sehari-hari.

Pakar nyeri dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang (Jakarta Pain and Spine Center), dr Ade Sri Wahyuni, SpRM mengatakan, sebaiknya menggunakan sol sepatu dengan tinggi 3 cm agar terhindar dari nyeri tumit.

"Karena beban tubuh saat dipaksa menggunakan sepatu high heels dan flat shoes akan menyiksa otot kaki. Sehari, dua hari mungkin tidak masalah namun jika berminggu-minggu akan menyebankan kelemahan otot hingga pengapuran lebih cepat," kata dokter yang juga praktik di RS Mitra Keluarga ini pada sejumlah wartawan disela-sela sebuah seminar di Jakarta.

“Kendati demikian, bila Anda tidak dapat menghindari penggunaan sepatu berhak tinggi atau datar, sebisa mungkin lakukan peregangan usai menggunakannya, “ saran dr Ade.

"Saat menggunakan high heels, otot betis hingga paha akan tertarik dan bentuk kaki akan cenderung condong ke depan. Lakukan stretching dengan arah sebaliknya. Tarik kaki ke belakang agar otot kaki depan lebih kuat. Bisa juga dengan menarik kaki ke belakang hingga terasa tarikan otot," pungkasnya. (*)